Abaya makin mendunia - WARNAHITAM

Abaya makin mendunia

4 minggu yang lalu      Fashion

WarnaHitam.com – Pasti Ukhti sekalian sudah akrab dengan busana muslim yang biasa kita sebut abaya, pada mulanya pakaian abaya yang sering memiliki warna hitam ini hanya dipakai di negara bagian Arab. Namun seiring berjalannya waktu abaya hitam yang sering digunakan wanita arab ini semakin populer di dunia. Sudah terdapat beberapa aktris di Hollywood mengenakan abaya, terlihat juga ada yang menggunakannya ketika berkunjung ke berbagai negara-negara tertentu.

Pada masa lalu seperti yang sudah kita ceritakan, abaya memiliki warna hitam polos tidak memiliki banyak renda atau motif tertentu. Saat ini bisa dibilang abaya memiliki berbagai macam warna pilihan. Biasanya busana abaya memiliki karakter seperti jubah berlengan panjang sering kita temui jika kita berkunjung ke negara Arab Saudi.

Walaupun sampai saat ini belum benar-benar diketahui dari mana asal muasalnya namun ada yang mengatakan bahwa abaya adalah pakaian orang terpadang pada salah satu masa kelompok tertentu yang mendiami suatu tempat di arab. Penggunaannya tidak jauh beda, dengan penambahan jilbab atau burqa untuk menyeluruh melindungi para wanita dari pandangan pria yang bukan mahromnya.

Saat ini abaya hitam tidak hanya sebagai pelindung namun bisa berperan sebagai fashion juga. Berkat tangan kreatif para designer saat ini ukhti dapa menikmati abaya dengan berbagai warna dan beragam bentuk. Tahukah anda bahwa kebaya yang merupakan salah satu pakaian tradisional Indonesia, penamaannya diambil dari kata abaya.

Memang benar busana tradisional negara kita adalah kebaya namun tidak sedikit dari wanita Indonesia yang berminat terhadap abaya hitam, yang mayoritas memeluk agama Islam. Memiliki model busana yang longgar dan lurus membuatnya praktis untuk digunakan. Mungkin ada beberapa orang yang menganggap abaya dan gamis sama, iya mereka memiliki model serupa berlengan panjang dan panjang hingga mata kaki. Sedangkan gamis masih bisa dibilang polos, memiliki potongan lurus dan tidak memiliki corak warna. Berbeda dengan abaya yang kini makin modern, sentuhan tumpukan layer nan glamour membuat abaya lebih banyak dipilih kaum hawa. Para desainer juga lebih kreatif dengan berbagai inovasi kedalam model abaya saat ini, tak heran wanita non muslim juga suka terhadap model busana ini.

Beberapa selebriti juga menggunakan busana model ini ketika mereka pergi ke negara mayoritas muslim. Seperti yang dilakukan Gigi Hadid, Kendall Jenner dan beberapa model Victoria Secret ketika mengunjungi masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi beberapa waktu lalu.

Baca sebelumnya: Bilal bin Rabah budak yang mendahului Rasullah di Surga

 




Komentar Artikel "Abaya makin mendunia"