Hong Kong destinasi ramah bagi turis muslim - WARNAHITAM

Hong Kong destinasi ramah bagi turis muslim

2 minggu yang lalu      Tips

WarnaHitam.com – Pernahkah ukhti berkunjung ke Hongkong? Wilayah otonomi yang bertempat di tenggara Republik Rakyat China sudah lama menjadi tujuan destinasi favorit yang termasuk kategori paling populer di Benua Asia. Dahulu kala masih banyak saudara kita sesama muslim yang masih ragu untuk berwisata ke Hongkong, namun jangan salah sekarang sudah beda dengan cerita dulu.

Belajar dari pengalaman dan juga saran dari masyarakat setempat Hongkong mulai berbenah. Saat ini Hongkong bisa dibilang destinasi wisata di Asia yang paling ramah bagi turis muslim dari penjuru dunia. Strategi yang diterapkan Amy Lam yang saat ini menjabat Senior Manager Hongkong Tourism Board sangatlah manjur untuk menarik perhatian kaum muslim dunia. Beberapa fakta yang akan kami angkat adalah sebagai berikut:

  1. Wisatawan muslim dari 3 tahun terakhir terus meningkat.

Belajar akan fakta dan riset yang dilakukan, Hong Kong Tourism Board meyimpulkan bahwa menarget pasar wisatawan muslim merupakan pilihan yang tepat. Menurut data yang didapat Islam merupakan agama yang memiliki penganut terbanyak di Asia Tenggara. Berdasarkan data yang didapat pula, sudah lebih dari 500 ribu wisatawan asal Indonesia yang sudah mengunjungi Hong Kong, data tersebut diperoleh pada kurun waktu tahun 2017.

 

Amy juga menambahkan bahwa peningkatan wisatawan muslim tidak hanya terjadi di Hong Kong, namun di berbagai belahan dunia lain. Pergerakkan wisatawan muslim semakin meningkat. Oleh karena itu Hong Kong akan terus berbenah, dan terus mengambil langkah untuk mengembangkan peluang ini.

 

  1. Penyediaan tempat ibadah di tempat umum.

Hong Kong merupakan negara yang memupuk sikap toleransi sejak dini. Oleh sebab itu pemerintah setempat selalu meningkatkan fasilitas dan layanan mereka bagi wisatawan muslim.

 

Sebagai contoh, dibangunnya fasilitas mushala yang layak disetiap tempat umum yang ada. Hongkong juga memiliki enam masjid yang cukup besar dan terawat di wilayah Hong Kong.

 

  1. Beragam Makanan Halal yang semakin mudah ditemukan.

Strategi yang dilakukan pada poin ini sangatlah cerdas. Pada setiap tahunnya Hong Kong mengadakan pertemuan rutin dengan beberapa partner wisata. Topik yang diangkat adalah berbagai ilmu mengenai perkembangan wisata di seluruh dunia, hasil dari pertemuan ini biasanya dapat menjadi masukan bagi pelaku bisnis wisata di Hong Kong.

 

Salah satu tema yang pernah diangkat adalah pentingnya wisatawan muslim yang perlu dijadikan target pasar di Hong Kong. Terutama dua negara Asia Tenggara yang memiliki jumlah pemeluk agama Islam terbesar yaitu Indonesia dan Malaysia.

 

  1. Fasilitas yang ramah bagi kaum muslim.

Fasilitas yang dimaksud disini adalah salah satu kebutuhan dasar bagi para wisatawan muslim dunia. Banyak pengelola destinasi wisata seperti Hong Kong Disney Land, Sky 100 sampai Ocean Park.

 

Para pengelolanya mulai menyadari bahwa kebutuhan dasar bagi kalangan muslim dunia seperti makanan halal dan tempat ibadah. Maka dari itu saat ini pada destinasi utama tidaklah sulit untuk menemukan tempat ibadah dan juga makanan yang halal.

 

  1. Kawasan lokal direvitalisasi untuk memberi kenyaman bagi wisatawan muda.

Sempat muncul tren tentang Young Moslem Traveller membuat pengelola setempat menyediakan kebutuhan yang sedikit berbeda. Hal ini bertujuan untuk mereka yang ingin mendalami budaya setempat lebih dalam, dari pada membangun wahana wisata yang populer lebih baik merevitalisasi Kawasan setempat agar terlihat karakternya.

 

Bagaimana ukhti apakah sudah mendapatkan informasi berharga dari perjumpaan kita kali ini. Sudah ada niat berlibur ke Hong Kong, dengan memakai Abaya Warna Hitam. Boleh di coba.

 

Baca juga: Perempuan Arab Saudi pertama kali diperbolehkan datang ke Stadion untuk menonton Sepak Bola




Komentar Artikel "Hong Kong destinasi ramah bagi turis muslim"