Perempuan Arab Saudi pertama kali diperbolehkan datang ke Stadion untuk menonton Sepak Bola - WARNAHITAM

Perempuan Arab Saudi pertama kali diperbolehkan datang ke Stadion untuk menonton Sepak Bola

2 bulan yang lalu      Fashion

WarnaHitam.com – Seperti yang sudah dijelaskan pada tulisan sebelumnya peraturan terhadap perilaku dan cara berbusana bagi perempuan di Arab Saudi sangatlah diatur oleh perda di negara tersebut. Namun pada tahun 2017 silam, kaum perempuan di negara terbesar penghasil minyak tersebut untuk pertama kalinya sudah diperbolehkan menonton pertandingan Sepak Bola secara langsung di stadion. Untuk mengaplikasikan aturan tersebut pemerintah Saudi mulai menerapkannya di 3 negara besar yaitu Riyadh, Jeddah dan Dammam. Pada saat itu pertandingan Al-ahli melawan Al-Batin yang diselenggarakan di Riyadh menorehkan sejarah, menjadi pertandingan di Arab Saudi yang pertama kalinya dikunjungi pendukung kaum perempuan di Stadion.

Perubahan demi perubahan semakin banyak terjadi untuk meningkatkan emansipasi wanita di negara ini, pemerintah saat ini juga gencar mengadakan acara olahraga yang diadakan khusus bagi wanita. Sebagai contoh telah diadakan turnamen bola basket bagi Mahasiswi di Jeddah Arab Saudi, dan hebatnya 3000 penonton yang datang adalah dari kalangan perempuan. Sedangkan yang terbaru adalah penyelenggaran kompetisi olahraga squash pada November tahun 2017.

Salah satu hal yang perlu dicatat, memang saat ini para perempuan Arab Saudi sudah diperbolehkan untuk menghadiri acara pertandingan Sepak Bola di dalam stadion. Namun perempuan disana tidak diperbolehkan untuk bersanding serta bercampur dengan penonton laki-laki. Di dalam stadion sudah disediakan tempat duduk yang dikhususkan untuk para perempuan agar mereka bisa duduk dengan sesama perempuan dan juga para anak-anak. Dan tentunya di bagian tribun tersebut tidak akan ada penonton laki-laki. Ada hal yang cukup menarik disini, tidak hanya tata letak tempat duduk di tribun. Pengelola stadion juga mengatur secara tepat tata letak kursi, serta desain interior untuk café serta restoran di dalam stadion.

Cek Fans Arab Saudi saat perhelatan World Cup 2018

Apakah ukhti sempat berfikir ini merupakan diskriminasi gender?

Tidak diperbolehkan untuk menyetir, keluar rumah harus diwajibkan menggunakan abaya dan lain sebagainya. Namun kenapa sekarang banyak juga kebijakan yang semakin memberi ruang gerak pada kaum perempuan. Kebijakan yang cukup merubah banyak peraturan khas Saudi tersebut merupakan salah satu bagian dari rencana reformasi sosial dari salah satu Putra Mahkota Mohammad Bin Salman, yang memiliki visi kedepan untuk melakukan revisi besar-besaran melaui program visi 2030.

Salah satu reformasi yang mendukung kebebasan lebih besar kepada kaum perempuan adalah mencabut larangan mengemudi pada September 2017 silam. Pada waktu itu juga kaum hawa di Arab Saudi juga bisa mengikuti kegiatan perayaan hari nasional, walaupun masih banyak juga yang mengenakan abaya hitam.

Mungkin tahun 2017 adalah salah satu tahun dimana banyak kebijakan yang melonggarkan gerak para kaum hawa disana, Arab Saudi juga mengumumkan diperbolehkannya memutar bioskop secara komersial, hal ini tentunya sangat mengejutkan karena sudah 30 tahun lebih hal ini tidak bisa dilakukan. Bioskop pertama yang didirikan di sana terlaksana pada bulan Maret lalu, dan pemutaran film perdana waktu itu adalah salah satu film dari Marvel, yaitu Black Panther.

 Baca Juga: Perempuan Saudi tak harus kenakan abaya




Komentar Artikel "Perempuan Arab Saudi pertama kali diperbolehkan datang ke Stadion untuk menonton Sepak Bola"