Perempuan Saudi tak harus kenakan Abaya Hitam - WARNAHITAM

Perempuan Saudi tak harus kenakan Abaya Hitam

3 minggu yang lalu      Fashion

Warnahitam.com – Pernyataan yang sempat mengemparkan dari Arab Saudi sempat menggemparkan dunia beberapa waktu lalu. Salah satu Ulama senior negara penghasil minyak terbesar didunia itu menyatakan bahwa, Perempuan di Arab Saudi tidak wajib mengenakan abaya atau busana yang longgar untuk menutupi aurat mereka di depan umum. Sheikh Abdullah al-Mutlaq, salah satu anggota Majelis Ulama di Arab Saudi, menyampaikan wanita itu harus berpenampilan sopan salah satunya dengan menggunakan abaya, namun tidak berarti mereka harus menggunakan abaya untuk menutupi tubuhnya dalam kehidupan sehari-hari.

Tata cara berpakaian di Arab Saudi memang sangat diatur keras oleh pemerintah, penerapan hukumnya pun tak main-main jika terdapat salah satu warganya menyalahi aturan yang berlaku. Pernyatan yang dikeluarkan Sheikh Abdullah al-Mutlaq dilontarkan ketika terdapat beberapa kebijakan yang mulai berubah di era modern saat ini. Seperti perempuan Arab Saudi saat ini sudah mencabut salah satu hukum larangan perempuan menyetir kendaraan dan menyaksikan pertandingan sepak bola di dalam stadion.

Sudah lebih dari 90% perempuan Shaleh di dunia yang merupakan kaum muslim tidak mengenakan abaya. Menurut ulama tersebut di Negara Arab yang biasa dijadikan panutan bangsa muslim lain, tak seharusnya kita memaksa warga negara kita untuk mengenakan abaya. Sebuah pernyataan salah satu ulama senior dapat merubah dasar hukum di negara tersebut di masa depan.

Tentu saja sama halnya di Indonesia, sebuah pernyataan seperti ini pasti akan menimbulkan pro dan kontra. Saat ini banyak sekali reaksi beragam yang muncul di sosial media. Salah satu pengguna Twitter bernama @Kooshe90 melontarkan cuitannya “Bahkan apabila 100 fatwa dikeluarkan, saya bersumpah kepada Tuhan bahwa saya tidak akan pernah meninggalkan abaya dari tubuh saya, dan anak perempuan saya. Jangan dengarkan fatwa itu ...”

Adapun pendapat dari pengguna Twitter yang bernama Mashari Ghamdi yang beropini bahwa ini bukan masalah agama namun ini masalah tradisi imbuhnya dan beliau beranggapan Abaya merupakan salah satu tradisi wilayah kita (Arab Saudi).

Hukum yang berlaku sebelumnya adalah, jika terdapat wanita yang tidak menggunakan abaya dilokasi atau tempat dimana mereka bisa terlihat oleh pria yang bukan muhrimnya maka perempuan tersebut bisa diadili dan diberikan sanksi hukuman oleh polisi agama.

Terdapat fakta unik dari beberapa tahun silam di Arab Saudi mengenai penggunaan Abaya. Pada tahun 2016 silam seorang perempuan Arab Saudi ditahan oleh polisi agama karena meninggalkan abayanya di sebuah jalan di Kota Riyadh.

Namun, beberapa waktu lalu para wanita Arab Saudi sudah tidak menggunakan Abaya Hitam dalam kehidupan sehari-harinya. Saat ini sudah banyak bermunculan para wanita yang menggunakan abaya dengan corak warna-warni. Tak kalah fashionable dengan negara lain, kali ini mereka juga tak ketinggalan memadukan rok serta celana jeans.

Baca Juga: Abaya Hitam bagi Wanita dan Thobe bagi Pria

Source: BBC Indonesia




Komentar Artikel "Perempuan Saudi tak harus kenakan Abaya Hitam"