Permudah Ibadah Haji dan Umroh Ukhti dengan perlengkapan ini - WARNAHITAM

Permudah Ibadah Haji dan Umroh Ukhti dengan perlengkapan ini

9 bulan yang lalu      Tips

Berangkat ke tanah suci merupakan idaman seluruh umat muslim di seluruh penjuru dunia, namun perlu disadari menunaikan ibadah yang satu ini memerlukan kesiapan mental, jasmani, pengetahuan serta bekal taqwa, akan tetapi kelengkapan logistic juga perlu diperhitungkan karena menjadi salah satu faktor kelancaran beribadah sewaktu ukhti berada di tanah suci.

Bagi ukhti yang akan berangkat ke tanah suci dalam waktu dekat, pasti akan mulai disibukkan dengan persiapan-persiapan perlengkapan yang harus dibawa ke tanah suci. Namun pada saat ini tidak susah mendapatkan informasi mengenai apa saja yang harus dibawa ketika berangkat ke tanah suci bisa diperoleh dari teman yang baru saja berangkat umroh ataupun saat ukhti melakukan manasik haji.

Agar menghindari kejadian yang tidak diinginkan dimohon para ukhti untuk menyiapkan barang bawaannya siap dalam kurun waktu 2-3 pekan seblum keberangkatan. Hal ini dilakukan jika suatu waktu anda  membeli barang secara online barang yang ingin anda beli dan dibawa ke tanah suci bisa datang tepat waktu sebelum keberangkatan.

Dan yang perlu diingat ya ukhti Ibadah Haji dan Umroh itu berbeda, tentunya perbekalan untuk haji dan umroh terdapat perbedaan juga.

Maka dari itu kami dari Warna Hitam akan mengingatkan dan memberikan informasi seputar barang bawaan keberangkatan ke tanah suci, berikut referensi daftar barang bawaan yang tentunya akan sangat dibutuhkan bagi ukhti di tanah suci nanti.

 

  1. Dokumen dan Uang

Ibadah Haji merupakan perjalanan lintas negara dan tentunya di sama jika ukhti berpergian keluar kota seperti biasanya, bawalah kartu kredit, paspor, uang riyal mata uang setempat bahkan rupiah juga dana atm berlogo visa. Jangan lupa juga membawa dokumen penting haji ukhti seperti SPMA, bukti setor BPIH dan buku kesehatan.

 

  1. Obat Pribadi

Bila ukhti memiliki penyakit kambuhan atau rentan akan suhu dan cuaca yang berbeda dari domisili ukthi maka diharuskan membawa obat pribadi anda dan perlengkapan kesehatan seperti plester, obat masuk angin, obat diare, obat flu,obat sakit kepala, minyak gosok. Karena Jemaah dari Indonesia bila di tanah suci biasanya juga sering terkena penyakit seperti pilek, batuk, diare dsb.

  1. Pakaian

Bawalah pakaian ihram beserta dengan sabuknya pakaian seperti abaya hitam bagi ukhti ataupun longdress muslimah. Usahakan pakaian yang dikenakan memiliki kantong agar mempermudah ukhit jika melakukan transaksi, menyimpan name tag atau kaos kaki, sajadah, kaos kaki thawaf, dalaman gamis, baju dalam, kerudung instan, dalaman gamis. Bagi ukhti yang memiliki tubuh besar usahakan memilih ihram dan sabuk yang pas agar nyaman ketika beribadah.

 

  1. Perlengkapan Pendukung

Kelengkapan pendukung disini tidak bersifat primer namun sangatlah membantu jika dibawa ke tanah suci. Bawalah payung lipat, kacamata hitam, masker karena saat ini di tanah suci kondisi memang panas terik dan sangat berdebu, bantal leher, sandal, kaos kaki wudu, sarung tangan, kantong batu, sprei kecil, ransel, untuk perlengkapan pendukung yang bersifat logam bisa ditaruh kedalam koper seperti gunting, pemotong kuku dan pisau.

 

  1. Perlengkapan Mandi

Pada poin kali sangat umum bagi ukhti jika sedang berpergian kemanapun dalam durasi berhari-hari ya perlengkapan mandi seperti sikat gigi, sabun cair, shampoo, pasta gigi, sabun muka, bedak, lotion anti uv, handuk dan pilih yang tidak mengeluarkan wangi seperti parfum. Krim ‘Glysoid’untuk mencegah bibir dan kaki tidak kering. Karena ketika melakukan ihram benda yang digunakan tidak diperbolehkan bagi wanita, dan bagi ukhti perlengkapan wajibnya yaitu pembalut serta panty liner secukupnya.

 

  1. Bekal Minum dan Makan

Jika tour dan travel ukhti sudah menyediakan catering setiap harinya maka akan sangat membantu. Bawalah selalu botol air minum agar terhindar dari dehidrasi dan bisa di manfaatkan untuk meminum air zam zam baik di masjidil haram atau masjid nabawi. Bagi ukhti yang menempuh haji reguler perlu diingat akomodasi dan konsumsi sehari-hari harus diusahakan sendiri oleh para jamaah. Berbagai cara bisa ditempuh seperti masak sendiri, membeli makan di warung makan atau menggunakan jasa catering.

 

  1. Perlengkapan elektronik

Handphone sekarang merupakan komoditas yang wajib dibawa kemanapun kegunaanya pun sekarang beragam dan bisa bisa dibilang serba guna. Dengan handphone anda bisa menggunakan berbagai aplikasi panduan haji dan umroh untuk memperlancar ibadah ukhti di tanah suci. Adapaun pelengkap bagi alat elektronik lain seperti kamera, charger serta jangan lupa gunakan nomor yang terdaftar di Saudi seperti zain, mobily atau STC.




Komentar Artikel "Permudah Ibadah Haji dan Umroh Ukhti dengan perlengkapan ini"