Putra Mahkota Saudi Sebut Perempuan Bebas Pilih Pakaian - WARNAHITAM

Putra Mahkota Saudi Sebut Perempuan Bebas Pilih Pakaian

3 minggu yang lalu      Fashion

WarnaHitam.com – Pangeran Mohammad bin Salman yang merupakan putra mahkota Saudi memaparkan pendapatnya mengenai hak yang dimiliki kaum perempuan di Arab Saudi. Saat ini wanita di Arab Saudi tidak perlu menggunakan busana muslim seperti penutup kepala atau abaya hitam. Menurut pandangannya pakaian syar’I berupa jubah longgar dan panjang adalah salah satu simbol kesalehan dalam agama Islam sudah tidak wajib lagi digunakan, selama para wanita Saudi menggunakan baju yang sopan dan layak.

Saat ini Pangeran Mohammad bin Salman sudah menaiki tahta kerjaan yang lebih tinggi, banyak hal yang dahulu kala tidak mungkin terjadi namun saat pemerintahannya menjadi muncul salah satunya perluasan hak-hak pada perempuan. Seperti yang telah kami ceritakan pada tulisan sebelumnya seperti wanita di Saudi sudah bisa menghadiri pertandingan sepak bola di stadion serta diperbolehkan untuk mengendarai mobil sendiri.

Revolusi tersebut menimbulkan banyak komentar positif, karena menimbulkan kecenderungan progresif baru terhadap modernisasi di kerajaan Muslim dan hal ini bersifat konservatif. Namun kritik pedas masih terus menghantui Arab Saudi karena di sana masih sering terjadi kendala yang selalu merugikan kaum wanita.

Pernyataan yang diberikan untuk mendukung hak perempuan juga ditegaskan beliau, bahwa “Hukum tersebut sangat jelas dan diatur dalam hukum yang syariah”. Dalam penjelasannya beliau mengatakan bahwa kaum wanita diperbolehkan menggunakan pakaian yang sopan dan layak, seperti halnya kaum pria. Hal tersebut diungkapkan pangeran pada salah satu wawancara dengan televisi CBS.

Pangeran juga memberikan penjelasan bahwa, ini bukan masalah abaya hitam atau penutup kepala hitam. Keputusan seutuhnya diberikan pada kaum wanita untuk memilih yang sesuai dengan hati mereka bagaimana manakah pakaian atau busana muslim yang sopan dan layak.

Salah satu ulama senior juga menguatkan revolusi yang dilakukan Pangeran Saudi tersebut, wanita harus berpakaian sopan tapi tidak harus menggunakan abaya.

Sampai saat ini sebenarnya belum begitu jelas, berbagai pernyataan yang mungkin mengejutkan publik dunia. Apakah hal tersebut menandakan sebuah perubahan kode berpakaian perempuan di kerajaan. Sebenarnya Arab Saudi tidak memiliki kode hukum yang tertulis dalam pembentukan Syariah, para pelaku penegak kebenaran seperti polisi pun disana sudah sangat paham bahwa harus menegakan peraturan ketat terhadap wanita yang memang seharusnya mengenakan abaya hitam.

Saat ini kerajaan sudah merasakan iklim baru yang tentunya lebih segar. Setelah bertahun-tahun dipimpin oleh pemimpin tua saat ini pemegang tahta serasa bangkit dengan naiknya putra mahkota yang berusia 32tahun saat ini. Saat ini para wanita di Saudi sudah banyak yang menggunakan abaya dengan berbagai warna, warna yang digunakan pun sangat kontras dengan warna hitam yang dahulu wajib dikenakan. Bahkan dibeberapa negara bagian terdapat wanita yang menggunakan abaya terbuka dengan bawahan celana jins ataupun rok.

 Baca berita sebelumnya: Mariah Idrissi Model Busana Muslim Inggris yang dilirik H&M




Komentar Artikel "Putra Mahkota Saudi Sebut Perempuan Bebas Pilih Pakaian"